Pejuang 2 garis yang pantang menyerah

Apa sih yang diinginkan oleh pasangan yang baru saja menikah? Tentu saja memiliki seorang anak yang lucu dan menjadi pelengkap kehidupan kita. Sebenarnya ada hal yang harus diingat selain sebagai hadiah pernikahan. Anak adalah sebuah titipan dari Allah Swt kepada kita dan layakkah kita untuk menerima titipan itu?
Pertanyaan - pertanyaan itu akan terus timbul ketika kita belum diberikan kepercayaan oleh Allah Swt. Mungkin ibadah kita belum bagus atau mungkin usaha kita belum maksimal atau ada penyebab lain yang belum kita ketahui. Allah tentu memberikan isyarat kepada kita untuk menjadi lebih baik supaya kita layak dan pantas untuk menerima titipan-Nya itu.

Apa saja yang dilakukan supaya "layak"?

Ada hal - hal yang terkadang membuat kita tidak sadar bahwa kita harus membuat kita menjadi layak. Apa saja  yang harus kita lakukan? Saya menulis ini bukan bermaksud menggurui atau menjadi manusia yang paling tahu. Saya menulis ini karena saya dan istri mengalaminya sendiri dan sekedar ingin berbagi saja.

1. Meningkatkan ibadah

Jika kita sudah rajin ibadah seperti sholat wajib maka bisa ditambah dengan sholat sunnah. Jika selama ini masih bolong, berusahalah supaya sholatnya tidak bolong - bolong. Ada hal lain yang harus kita lakukan yaitu berdoa dan memohon tobat kepada Allah atas segala kekhilafan kita dan segala kesalahan kita selama kita hidup. 

2. Meningkatkan sedekah

Bersedekah adalah salah satu cara kita cara kita untuk bisa meningkatkan berbuat baik kepada orang lain. Menurut Zakat.or.id, salah satu manfaat sedekah adalah dapat menghapus dosa yang selama ini secara tidak sadar kita lakukan. Tenang saja, sedekah itu tidak akan mengurangi harta kita kok, malah akan semakin bertambah dengan nikmat yang lain.

3. Selalu berikhtiar

Berikhtiar atau berusaha adalah salah satu cara untuk kita bisa mendapatkan "2 garis". Dulu pernah tidak sengaja melihat instagram salah satu dokter di pekan baru yaitu dr. Bawono Suryo. Beliau selalu membagikan amalan - amalan secara islam yang bisa kita praktikan untuk kita berdoa kepada Allah Swt. 

Salah satu ikhtiarnya adalah dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan. Kita juga harus tahu kondisi badan kita itu bagaimana. Saran saya, yang diperiksa itu bukan hanya istri tapi kita sebagai suami juga harus periksa. Mengapa demikian? Karena kita akan tahu hal - hal apa saja yang harus kita perbaiki dan tingkatkan untuk kesehatan. Jangan pernah gengsi untuk memeriksa kesehatan yang sifatnya untuk kepentingan bersama. Suami istri itu harus saling support dan jangan menjatuhkan salah satunya.

4. Jangan biarkan stress menghampirimu

Kondisi psikis yang stress juga bisa menjadi salah satu penyebab susah untuk mendapatkan "2 garis" lho. Mengapa? Karena hal yang harus dijaga itu bukan hanya secara jasmani tapi juga secara rohani. Jika stress terlihat mendekat mulailah untuk mencari kegiatan yang bisa menyingkirkannya, misa bisa ambil liburan berdua yang bisa merefresh pikiran sehingga terhindar dari stress.

Semua hal tersebut sudah dilakukan tapi belum menampakkan hasil, bagaimana? Teruslah untuk tetap semangat untuk berikhtiar dan terus tingkatkan ibadah. Beribadah dan ikhtiar semata - mata untuk mengharapkan ridho dari Allah Swt. Hal itu akan membuat kita menjadi semangat dan terus semangat.

Percayalah kawan, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin jika Allah Swt sudah berkehendak. Yang bisa kita lakukan hanya berusaha dan selalu dekat dengan sang Pencipta.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Bolang Hunter