Donor darah untuk yang pertama kalinya

Bolanghunter.my.id. Alhamdulillah, hari ini adalah salah satu hari yang bersejarah untuk saya. Mengapa? Karena hari ini adalah donor darah untuk pertama kalinya dalam hidup saya. Sebenarnya ada perasaan takut juga ketika melihat jarum yang digunakan untuk mengambil darah. Ukurannya itu lho, sedikit lebih besar dari jarum suntik biasa dan bagian tengahnya seperti pipa untuk tempat mengalirnya darah.

Memang kalau pengalaman pertama itu membuat kita menjadi sedikit bangga, ternyata saya bisa juga lho berbuat baik untuk orang. Tapi yang perlu diingat, jangan sampai Riya' ya karena telah melakukan donor darah. Kebaikan itu cukup kita dan Allah saja yang tahu dan tidak perlu untuk disebar - sebarkan beritanya.

Tahapan donor darah

Ini adalah beberapa tahapan proses yang harus kita lalui sebelum donor darah. Apakah ini perlu dan penting? Tentu saja, pada tahapan pemeriksaan inilah kita bisa dinyatakan layak untuk donor atau tidak.

1. Periksa tensi darah

Ini adalah tes pertama yang saya lakukan sebelum setelah mengisi formulir untuk donor darah. Mengapa jika tensi kita terlalu tinggi atau rendah maka kita tidak bisa lanjut untuk tahap selanjutnya. Makanya tes yang satu ini sangat penting, karena tadi ada teman yang tidak lolos tes ini maka tidak bisa ke tes selanjutnya. Apa artinya? Artinya dia tidak bisa untuk donor darah, walaupun niat baiknya ingin donor darah. 

2. Periksa kualitas darah

Nah ini adalah tahapan kedua setelah saya periksa tensi darah maka kita lanjut untuk memeriksa kualitas darah. Mengapa perlu? Ternyata pada tes ini akan tampak apakah kita bisa donor atau tidak. Tadi sewaktu ada teman yang mempunyai niat untuk donor darah dan ternyata tingkat kekentalan darahnya tingii, dia tidak bisa ikut untuk donor darah.

3. Pengambilan darah

Sekarang kita sudah masuk ke tahapan ketiga yaitu pengambilan darah. Pada tahap ini ada juga teman saya yang agak susah untuk ditemukan denyut nadinya, bagaimana ini? Petugas yang melakukan pengambilan darah harus dengan teliti merasakan dimana daerah yang bisa ditusuk jarum untuk tempat keluarnya darah.

Hal yang harus diingat sebelum donor darah

Tenyata ada 1 hal yang harus diingat ketika kita akan melakukan donor darah yaitu sarapan. Ini adalah saran dari petugas donor darah yang akan melakukan pengambilan darah, kita harus sarapan terlebih dahulu.

Ini bukan hanya sekedar saran yang lewat begitu saja. Mengapa? Karena tadi ada teman yang sudah lancar ketika di ambil darahnya dan tiba - tiba kepalanya pusing, akhirnya pengambilan darah tidak bisa dilanjutnya. Bagaimana dengan darah yang sudah diambil tadi? Darah tersebut termasuk dalam kategori gagal dan tidak bisa dipakai. 

Ternyata teman saja tadi itu tidak sarapan sebelum melakukan donor darah. Berbuat baik boleh tapi kita harus pikirkan diri kita dulu dengan cara sarapan terlebih dahulu.

Berapa kantong darah untuk acara hari ini?

Alhamdulillah untuk acara hari ini yang dimulai dari jam 08.00 s/d 12.00 bisa mengumpulkan sebanyak 37 kantong darah. Darah - darah ini berguna untuk saudara - saudara kita yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Nah itu adalah kegiatan di hari ini tentang donor darah. Jika belum bisa donor darah cobalah untuk memberanikan diri untuk donor darah tapi harus diperiksa dulu ya. Darah ini mungkin berguna untuk menolong saudara kita, kekasih kita, keluarga kita atau bahkan diri kita sendiri.

Yang perlu dingat adalah "Semua orang bisa jadi Pahlawan".

Posting Komentar

Copyright © 2021

Bolang Hunter