Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lanjut Perjalanan ke Istana Pagaruyung Batu Sangkar

Sebelumnya kita istirahat di Pak etek Mal di Payakumbuh setelah melihat target pertama yaitu Jalan Kelok 9. Selanjutnya adalah Istana Pagaruyung yang menjadi destinasi yang selanjutnya. Kami pergi dari Payakumbuh sekitar jam 9 pagi setelah selesai sarapan pagi.

Di perjalanan ke sana ( = dibaca Istana Pagaruyung ) kami banyak menemukan orang yang berasal dari luar kota dan sepertinya mereka juga pergi untuk liburan. Jalan masih terlalu ramai untuk pagi untuk menuju ke sana.

Tidak lama perjalanan, kami sampai di sekitar istana Pagaruyung. Wah ini adalah kali pertama saya ke sini karena sebelum - sebelumnya saya ingin ke sini tapi selalu tidak jadi karena ada sesuatu hal. Ok teman - teman, sekarang saatnya kita mencari tempat parkir di sekitaran Istana Pagaruyung dan susah banget mencari parkir di tempat ini, satu alasan yang pasti karena ini hari libur dan tempat wisata maka banyak orang yang datang ke sini. Akhirnya ibu mertua dan istri saya turun terlebih dahulu ke arah pasar sambil lihat - lihat barang sedangkan saya dan ayah mertua pergi mencari tempat parkir. Jalan sedikit ke arah kanan Istana Pagaruyung ada sebuah lahan parkir yang masih kosong dan kami parkir di sana lalu segera menuju ke tempat istri dan ibu mertua.

Untuk masuk ke Istana Pagaruyung ini kita harus membeli tiket masuk untuk masing - masing orang. Setelah masuk ke sana kami berphoto bersama supaya ada kenang - kenangan bahwa saya sudah pernah ke Istana Pagaruyung.

Selanjutnya kami masuk ke dalam Istana Pagaruyung dan harus lepas sendal di depannya supaya menjaga kebersihan lantainya. Oya saya dan istri melakukan shoot video untuk bisa dimasukkan ke Vlog Youtube kami di Bolang Hunter.

Di video kita akan melihat bagian dalam dari Istana Pagaruyung dan suasana di sekitar dari Istana Pagaruyung ini.

Di dalam Istana Pagaruyung banyak terdapat benda - benda seperti senjata, wadah-wadah yang dipakai jaman dulu ( kayak ember kali ya kalo jaman sekarang, dan masih banyak lagi. Saya dan istri melanjutkan untuk melihat di lantai 2 dari Istana Pagaruyung ini, di situ nampak seperti tempat tidur, mungkin itu yang dipakai di jaman dahulu kala. Nah ini, dari bagian atas ini kita bisa melihat sekeliling dari Istana ini dan akan tampak tulisan di atas bukit yang bertuliskan sesuatu, saya lupa tulisannya kalau tidak salah Istana Pagaruyung. Apakah ini membuat penasaran? Teman - teman bisa berkunjung ke sini untuk lebih mengenal salah satu budaya di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Setelah puas mengelilingi Istana Pagaruyung, kami kembali menuju ke destinasi selanjutnya yang akan saya bahas di tulisan selanjutnya.