√ Pergi libur lebaran ke Sumatera Barat - Bolang Hunter

Pergi libur lebaran ke Sumatera Barat

Lebaran yang lalu saya dan keluarga pergi liburan ke Sumatera Barat. Mengapa kami memilih ke sana? Karena memang saya belum pernah ke daerah Sumatera Barat dan mertua saya berasal dari daerah tersebut. 


Perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar -/+ 6 jam perjalanan (dari Pekanbaru ke Payakumbuh) melalui jalur darat,  jika jalanan dalam kondisi normal tanpa macet. Mengapa seperti itu? Karena daerah Sumatera Barat memang menjadi destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat dari Riau dan juga dari daerah sekitarnya. Pemandangan alam yang disuguhkan masih sangat alami dan bagus-bagus.
O ya... saya berangkat bersama istri dan mertua dari Dumai jam 7 pagi dengan mengambil rute alternatif menggunakan jalur dari Simpang Petapahan untuk selanjutnya kita akan bertemu kota Bangkinang (jalur ini memangkas jarak tempuh perjalanan yang tidak melewati rute pekanbaru). Perjalanan dari Dumai ke Sumatra Barat, kami tempuh menggunakan kendaraan mobil yang saya bawa secara bergantian dengan Bapak mertua saya. Mengapa? Karena perjalanan tersebut merupakan pengalaman pertama kalinya, sehingga akan sedikit berbahaya mengendarai mobil jika belum lihai dan belum mengenal wilayah tersebut yang notabene berbukit-bukit berkelok dan mendaki

Kota pertama kali yang kami singgahi sesampainya di Sumatra Barat adalah Kota Payakumbuh ( dibaca : Payakumbuah), kira-kira mendekati waktu magrib sudah sampai dirumah keluarga disana. Disini, kami menginap 1 (satu) malam di rumah Pak Etek Mal (adik dari Suami kakak mertua perempuan saya...ribet kan mikirnya! :p ) karena besok paginya kami akan melanjutkan perjalanan lagi ke destinasi wisata berikutnya.

Rencana perjalanan yang akan dilakukan di bumi Sumatera Barat ini adalah :
  1. Payakumbuh
  2. Istana pagaruyung
  3. Desa Terindah
  4. Danau Atas danau bawah (daerah alahan panjang)
  5. Danau Singkarak
  6. Kebun teh
  7. Padang Panjang
  8. Bukit Tinggi
Setelah menghabiskan waktu beberapa hari dengan menjalankan segala planning yang telah disusun sebelumnya, perasaan lelah pun terbayarkan dan back to reality dengan semangat 45 :p . 

Okay teman - teman, itulah cerita saya dan keluarga liburan ke Sumatera Barat untuk mengisi libur lebaran di tahun 2018.

Get notifications from this blog